Kelurahan Merdeka Dijagokan Jadi Nominator Bidang Pola Asuh Anak dan Remaja

PEMATANGSIANTAR – WARTA OTONOMI

Kelurahan Merdeka Dijagokan Jadi Nominator Bidang Pola Asuh Anak dan Remaja untuk tingkat nasional. Hal ini mencuat saat Tim Evaluasi Kelurahan Lomba PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengunjungi Kelurahan Merdeka, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, (Kamis, 31/10/2019).

POLA ASUH 2

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM dalam sambutannya berharap kunjungan tim evaluasi ini membawa berkah untuk kemajuan masyarakat Pematangsiantar ke arah yang lebih baik, khususnya masyarakat Kelurahan Merdeka.

“Pembangunan yang dilaksanakan di Kota Pematangsiantar pada hakikatnya  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kesehatan, pendidikan, ekonomi, serta aspek lainnya,” katanya.

Selama ini, lanjutnya, keberhasilan Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia tidak lepas dari peran PKK yang secara gigih berupaya meningkatkan peran serta kaum ibu dalam pembangunan, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga. 

“Tidak dapat dipungkiri bahwa peran PKK dalam mewujudkan keluarga sejahtera sangatlah besar,” ujarnya dihadapan para tokoh agama, masyarakat dan adat, para pimpinan OPD, Camat Siantar Timur Robert Sitanggang SSTP, serta Lurah Merdeka Jan R Saragih dan para kader PKK Kelurahan Merdeka.

Selain itu, katanya lagi, peran PKK dalam menyosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah ke masyarakat di tingkat paling bawah juga sangat efektif. Sebab PKK dapat berhadapan langsung dengan masyarakat dan berperan sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat. Sekaligus memberi contoh pada masyarakat untuk ikut serta melaksanakan kebijakan pemerintah.

“Oleh karena itu saya atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar menyampaikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Pematangsiantar beserta jajarannya yang telah aktif ikut bersama Pemerintah Kota melaksanakan berbagai kegiatan untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

POLA ASUH 3

Dilanjutkan Hefriansyah, patut dibanggakan Pematangsiantar dapat tampil ke tingkat Provinsi Sumatera Utara dengan mendapatkan nominasi Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja di Kelurahan Merdeka.

“Seperti kita ketahui bersama di era yang serba berbasis teknologi dan informasi, pada generasi muda khususnya anak dan remaja harus dibekali dengan pendidikan, budi pekerti, dan landasan agama yang kuat. Sehingga tidak terjerumus pada hal negatif. Salah satunya adalah peredaran narkoba seperti yang dilakukan oleh Kelurahan Merdeka Kecamatan Siantar Timur yang sudah banyak memberikan contoh baik terhadap pelaksanaan pola asuh anak dan remaja, melalui simulasi dan sosialisasi,” tukasnya.

Semua ini, sambungnya, tentunya tidak terlepas dari peran aktif masyarakat, terutama para kader PKK di kelurahan.

“Tentunya kita semua berharap lomba ini dapat menjuarai di tingkat provinsi bahkan mewakili Sumatera Utara dalam penilaian tingkat nasional,” tandasnya.

Kepada tim evaluasi, Hendriansyah berharap agar evaluasi ini dilaksanakan sesuai kriteria dan instrumen yang ditetapkan dan dapat memberikan informasi dengan tepat dan jelas. Sehingga ke depannya Kelurahan Merdeka dapat meningkatkan potensinya, khususnya dalam bidang pola asuh anak dan remaja.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara Ny Nawal Edy Rahmayadi dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Tim Evaluasi Kelurahan Percontohan Lomba PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tama Surbakti menjelaskan, kegiatan evaluasi ini merupakan hasil dari monitoring Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara yang telah berlangsung Juli lalu.

“Dalam kesempatan ini terlebih dahulu saya mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota yang berhasil masuk di tahap evaluasi. Sebagaimana kita ketahui bersama, adapun yang dapat masuk ke tahap evaluasi yaitu enam daerah untuk tingkat kabupaten dan tiga daerah untuk tingkat kota,” jelasnya.

POLA ASUH 3

Ia juga ingin mengimbau kepada seluruh kader yang telah berhasil masuk tahap evaluasi nantinya agar dapat mempertahankan apa yang telah dilaksanakan dengan baik dan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas dari apa yang telah dilakukan sehingga mencapai keberhasilan yang berkesinambungan.


“Kepada tim evaluasi saya mengucapkan selamat bertugas, dan berikanlah penilaian yang objektif sesuai ketentuan dan kriteria yang telah ditetapkan bersama. Saya harap nantinya nominator terbaik dapat kembali mengukir prestasi sampai ke tingkat nasional. Dapat kembali kita ketahui bersama bahwasannya Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara telah berhasil mengukir sejarah baru menjadi juara nasional dalam Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2019 di Padang, Sumatera Barat,” terangnya. 

Dilanjutkannya, nominator yang dikirim untuk mengikuti lomba nasional merupakan kabupaten dan kota terbaik dari hasil evaluasi. 
“Mari kita mempertahankan bersama prestasi yang telah kita raih sehingga Sumatera Utara lebih bermartabat di kancah nasional,” katanya lagi.

Ia juga mengimbau Ketua TP PKK kabupaten/kota serta seluruh pengurus agar dapat selalu membina para kader sebaik-baiknya.


“Kepada bapak bupati/walikota serta unsur OPD dan instansi mitra kerja PKK, besar harapan saya agar bapak dan ibu sekalian dapat membantu dan mendukung program kerja PKK yang sangat penting untuk kemajuan masyarakat dan keluarga di Indonesia. Kepada para kader, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya, karena atas kerja tanpa pamrih kalian sangat memiliki arti untuk kemajuan kita bersama,” pungkasnya. (Susan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s