CEK HARGA DAN PERSEDIAAN BAHAN POKOK JELANG BULAN RAMADAN, WALI KOTA DEPOK SIDAK KE PASAR AGUNG

Depok – Warta Otonomi

Wali Kota Depok Mohammad Idris siang ini menggelar inspeksi mendadak (sidak), untuk mengecek harga dan persediaan bahan pokok menjelang bulan Ramadan 2019. Sidak tersebut berlangsung di Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

Kesediaan bahan kebutuhan pokok dikota Depok cukup sejauh tidak ada penimbunan dari konsumen yang berlebihan ujar Mohammad Idiris  di Pasar Agung Sukmajaya baru baru ini. Menurutnya kegiatan sidak sebagai bentuk pengawasan pemerintah kota Depok terkait stok dan harga Sembilan bahan pokok sembako menjelang Bulan Suci Ramadhan seperti beras daging sapi, daging ayam, dan telur yang dinilainya masih cukup. selain itu, harga sejumlah komuditas tersebut juga terbilang cukup stabil.

Untuk beras berkualitas premium harganya masih stabil yaitu, Rp.11.500, telur ayam broiler Rp2500/kg, kemudian untuk harga daging sapi murni dan ayam broler juga tidak mengalami kenaikan, yaitu, Rp120.000 dan harga 38.000 katanya.

Namun dirinya mengakui terdapat juga kenaikan bawang merah dari Rp.30/kg menjadi Rp.48.000/kg untuk bawang putih mengalami kenaikan dari harga Rp.35.000/kg meningkat menjadi Rp.60.000. Tetapi,  Kenaikan harga tersebut masih berada dibawah harga tertinggi di Jawa Barat.

Dimana harga tertinggi untuk bawang putihRp 80.000/kg bawang merah sekitar Rp.48.000 – sampai 50.000/kg. Dirinya juga menhimbau ke masyarakat agar tidak konsumtif dengan membeli bahan kebutuhan pokok secara berlebihan. Sebab, dapat menimbulkan kelangkaan sehing hingga berakibat pada kenaikan harga,” ucapannya.

Sedangkan  di tempat lain, himpunan Wiraswasta nasional minyak dan gas bumi Hiswanamigas melakukan penambahan fakultatif elpiji bersubsidi sebesar 20 persen dari jumlah kebutuhan perbulan di kota Depok. Dengan bertambahnya elpiji 3kg  menjadi 285.000 tabung dipastikan stok elpiji bersubsidi cukup hingga Ramadhan dan lebaran.

Sejak April alokasi elpiji 3kg  sudah mulai ada tambahan fakutatif sebesar 20 persen dari alokasi normal 1.425.000 tabung di setiap bulan . Termasuk juga Ramadhan tahun ini. ”tutur Penasehat hiswanamigas M. Athar Susanto.

Dikatakan Athar Susanto, Selain menambah jumlah pasokan elpiji selama bulan Suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri nanti. dengan Jumlah agen siaga sebanyak 2 pangkalan untuk setiap kelurahan,”ujarnya.

Berbekal Stok Elpiji 3kg  yangmencukupi untuk kebutuhan  di bulan Ramadhan dan Lebaran, dirinya memintah masyarakat kota Depok tidak kwatir adanya terhadap ketersediaan elpiji tersebut.

“kita harapkan masyarakat tidak khawatir adanya kekurangan elpiji  di bulan puasa, karena Stok cukup hingga Lebaran,” ucapannya.

Satu per-satu lapak pedagang yang ada di pasar tersebut disambangi oleh Mohammad Idris. Usai mengecek langsung kestabilan harga jelang bulan Ramadan, Idris menemukan ada sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

“Ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan, namun dibawah standar harga tingkat provinsi seperti bawang putihRp 60 ribu, bawang merah Rp 48 ribu sampai Rp 50 ribu perkilogramnya. Daging normal Rp 120 ribu, telur broiler Rp 25 ribu perkilogramnya,” ujar Idris di Pasar Agung, Kamis (2/5/2019).

“Jangan sampai ketersediaan cukup namun konsumen lebih banyak pada bulan puasa. Kalau konsumsi banyak, harga naik. Kalau harga naik banyak yang ngak mampu beli akhirnya akan inflasi tinggi sehingga daya beli turun. Ini dampak bagaimana bisa menstabilkan inflasi di Kota Depok,” ujarIdris.

Terakhir, Idris mengatakan pihaknya akan rutin menggelar kegiatan serupa serta mengadakan acara sembako murah, dengan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Pertanian. (zis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s