DISDUKCAPIL KABUPATEN BEKASI TINGKATKAN PELAYANAN ONLINE DENGAN APLIKASI WHATSAPP

Kabupaten Bekasi – Warta Otonomi

dukcapil kab bekasi (3)Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) terus digenjot Dinas Dukcapil Kabupaten Bekasi, karena mengingat program tersebut sangat diperlukan dan dibutuhkan warga masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Hal ini disampaikan Bambang Budi Hardjo sebagai Kabid Capil Kabupaten Bekasi belum lama ini diruang kerjanya. Dalam keterangan kepada Kompas Bambang lebih lanjut mengatakan bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terus mengupayakan peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi yaitu adanya beberapa pelayanan administrasi pada bidang catatan sipil seperti mobil keliling (MOBLING) Jebol Desa, Kios dan WhatsApp  untuk pelayanan mobil keliling (MOBLING) pelayanan dinas kependudukan dan catatan sipil itu setiap hari Senin, Selasa, Rabu dan untuk 7 titik kios menyebar ke seluruh Kabupaten Bekasi, bahkan menurut Bambang untuk program sekarang sudah online. Daftar WhatssApp akan lebih efisiensi waktunya dengan cara upload berkasnya dahulu kalau berkas sudah masuk dan sudah siap datang ke dinas langsung bisa ditukar kertasnya sehingga menghemat waktu.

Seperti ditegaskan KADIN (DISDUKCAPIL) Ali Syahbana bahwa program online melalui WhatssApp adalah merupakan salah satu inovasi terbaru dari kami selain mobil keliling dan jebol desa juga kios adalah aplikasi yang tidak terganggu oleh jaringan dengan cara mengunggah foto, data-data yang dimiliki pemohon atau masyarakat yang bisa dikirim ke group WhatssApp dengan adminduk Kabupaten sehingga untuk gangguan pada saat pelayanan catatan sipil di wilayah bisa teratasi, sehingga harapannya ke depan Disdukcapil mengharapkan pelayan ini dapat langsung diakses oleh masyarakat. Selain mudah dipahami juga memberikan kemudahan yang bisa memberikan pelayanan yang optimal.

image005Untuk tahap pertama sendiri saat ini sudah mulai berjalan seperti pelayanan yang di desa-desa melalui mobil keliling pelayanan ini akan terus dilakukan guna mempermudah masyarakat itu sendiri dalam penghematan waktu dan biaya seperti belum lama ini Disdukcapil melakukan pelayanan keliling di Kecamatan Babelan oleh Kasi Identitas Penduduk Irma Gustini, Rifa Mahesa dan Supriatna sebagai Kasi Kependudukan. Ditambahkan Irma dalam pelayanan ini masyarakat yang belum mengurus administrasi kependudukan KK maupun KTP akan lebih mudah karena terjangkau karena mengingat jarak letak wilayah Babelan menuju Pemda sangat jauh. Menurut Irma data kependudukan adalah merupakan alat bukti sah yang akan dibutuhkan dalam setiap kepengurusan, maka dalam hal ini kami menghimbau kepada masyarakat untuk dapat mengurus setiap kepengurusan yang dilayani oleh Disdukcapil dan kami menjamin tidak dipungut biaya sepeserpun. Dan pelayanan itu sendiri dilakukan selama 3 hari dengan target 100 lembar per hari dan saya melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi menyambut baik program ini menjadi pemacu kami untuk memberikan pelayanan yang optimal sehingga pelayanan ini dapat terlaksana secara maksimal.

Menutup perbincangannya Bambang menambahkan 2018 Disdukcapil mendapat target pencapaian sebesar 89% dari Kementerian Dalam Negeri yang ditetapkan sekitar 85%, artinya di tahun 2018 target ini sudah melampaui target dan sudah tercapai.

Sehingga di tahun 2019 pihaknya optimis akan lebih baik lagi melalui pelayanan yang sudah dilakukan tentunya ini bukan hal yang mustahil kalau bisa 100% tercapai. Juga hal ini pun bisa dilakukan dengan adanya sinergi dari pihak-pihak lainnya. Mulai dari desa, kecamatan, sehingga di tahun ini kami berharap 60.000 akte bisa diterbitkan, bahkan ke depan terobosannya dengan dipermudahnya pelayanan ini dengan sistem pencetakan cetak akte lahir permanen sehingga masyarakat dapat mengakses sendiri dengan barkot yang kami miliki.

Dan kami berharap dengan adanya gerakan GISA yang terdiri dari 23 desa dan 23 kecamatan yang sudah ditetapkan sebagai desa sadar administrasi kependudukan seluruh masyarakat sadar tentang betapa pentingnya data kependudukan yang sah ujarnya. adv (Dewi Widya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s