Sekber Wartawan ‘Ngopi’ Bareng Dengan Diskominfo Kota Depok, 26 Januari 2019.

Depok _ Warta Otonomi

Sekretaris Bersama (sekber) wartawan kota Depok, mengadakan acara Ngopi bareng (ngobrol pintar dan inspiratif) dengan Kepala Dinas Kominfo Sidik Mulyono M.Eng hadir sebagai pembicara dalam pertemuan yang ke tujuh.

Dengan tema :“Netralitas wartawan menulis berita menjelang pemilu” dalam kesempatan acara ini ketua presidum sekber wartawan Depok,  Berlin Dermawan, dalam melakukan tugas mengawal pemilu, sampai saat ini belum ada insan pers yang sangat netral dalam pemilu, untuk itu menjadi tantangan kita sendiri sebagai insan pers untuk menjadi netral dalam pemilu.

Perusahaan pers harus bisa memanagement ruang redaksi agar tidak ada intervensi dari luar dalam pemberitaan dan kebenaran.

“Kita sebagai jurnalis harus pinter pinter dalam pemberitaan, pasalnya apa yang di sampai ke masyarakat sangat berpengaruh dalam pemilu tersebut,untuk itu kita sebagai insan pers harus di tuntut netral dalam pemberitaan.” ujar Berlin.

Kepala Dinas Kominfo Sidik Mulyono M.Eng menyampaikan mungkin kita perlu mereview lagi kode etik,wartawan warus menyapaikan berita yang berimbang, mempunyai kode etik.

“Kode etik dibuat untuk melindungi para wartawan itu sendiri, baik insan media maupun masyarakat dari pihak pihak yang melakukan penyelewengan dari kode etik itu sendiri serta untuk mencegah benturan sesama profesi jurnalis,” ujar Kadis

Jurnalisme itu luas di dalam jurnalisme terdapat independensi dan netralitas,independensi merupakan proses pembuatan berita tidak boleh di intervensi di dalam internal media itu sendiri,untuk netralitas sendiri apa yang muncul dalam berita tidak boleh berpihak dengan suatu kelompok.

“Pers juga bertanggung jawab atas kelangsungan dan kelancaran pemilu karena pers merupakan pilar ke empat di negara ini,” tegas Sidik.

Acara ini di ikuti wartawan Sekber kota depok dan wartawan lainnya dengan suasana yang hangat di kantor Sekber wartawan Depok.(zis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s