Gubenur Jawa Barat “RK” Buktikan Janji Bangun Depok

Depok – Warta Otonomi.

Gubernur Jawa  Barat, Ridwan Kamil (RK) mewacanakan membangun sejumlah infrastruktur di Kota Depok, rupanya bukan hanya isapan jempol belaka.

Ia menyatakan, pada tahun 2020 akan merealisasikan dua proyek terkait pengerjaan fly over dan normalisasi Situ Rawa Besar di Kecamatan Pancoran Mas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto Djorghi kepada wartawan, Selasa (11/12/2018).

“Targetnya sih paling cepat dikerjakan pada tahun 2020. Dana tengah diatur oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Namun demikian, Manto menyebut proyek tersebut khususnya wacana pembangunan fly over di kawasan Dewi Sartika dan Citayam belum rampung. Hal itu perlu kajian yang mendalam karena terkait dengan perekonomian warga sekitar dan menyangkut estetika kota.

“Memang kami usulkan yang di Dewi Sartika dan di Citayam karena terkait dengan tingkat kepadatan volume kendaraan untuk mengurangi kemacetan,” katanya.

Manto juga menjelaskan, menurut kajian sementara, proyek yang tepat di kawasan tersebut bukanlah fly over melainkan underpass. Hal ini untuk mencegah terjadinya ketimpangan ekonomi. Sebab, di kawasan tersebut banyak terdapat sentra usaha kerakyatan.

“Kalau fly over khawatir perekonomian warga jadi sepi seperti yang di kawasan Jalan Arif Rahman Hakim,” imbuhnya.

Ketika disinggung soal anggaran, Manto mengaku belum tahu karena semua diatangani oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Semua masih dalam kajian, kita juga belum tahu apakah nanti konstruksinya juga dikerjakan Pemprov Jabar atau gimana. Ya kita tunggu saja hasil kajian-kajian yang saat ini sedang disiapkan. Dua proyek itukan sesuai janji pak gubernur,” tandasnya.

Seperti diketahui usai dilantik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil langsung mempersiapkan dan tengah merancang beragam program untuk seluruh wilayah Jawa Barat, khususnya di Kota Depok.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menyebut setiap kota dan kabupaten membutuhkan program yang berbeda lantaran adanya perbedaan antar wilayah satu dengan lainnya. Untuk di Depok sendiri, pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah proyek strategis.

“Di Depok sendiri kita rencanakan sejumlah proyek strategis seperti creative center, alun-alun, dan pusat budaya,” tuturnya.

Bukan saja merencanakan pembangunan pusat budaya dan lainnya, sambung Kang Emil, pihaknya pun berencana untuk melakukan revitalisasi pasar, pembangunan jembatan layang serta proyek LRT sebagai target terbesar.

“Untuk itu kedepannya akan ada pemerataan. Di akhir lima tahun nanti, saya akan memanen semua itu. Bedanya untuk Depok dan Pangandara adalah ada LRT yang tengah kami upayakan. Kalau untuk di Banjar dan Pangandaran masih seputar kemulusan jalan,” paparnya.

Dia pun mengatakan setiap kota dan kabupaten yang dibuatkan programnya sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik daerahnya masing-masing. Seperti di Depok sendiri yang memiliki banyak situ tentunya memiliki penanganan sesuai dengan yang ada.

“Sebenarnya seluruh proyek nantinya akan dikerjakan secara efektif di tahun 2019. Tahun ini ya tahun desain. Saya tidak tahu uangnya itu cukup atau tidak. Ya tapi secukupnya saja. Kalau tidak cukup ya kita tarik uangnya dari luar. Kan itu gaya saya,” tandasnya.

Sementara Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengapresiasi apa yang direncanakan Provinsi Jawa Barat untuk Kota Depok. Dia berharap program yang dibuatkan pemerintah provinsi sesuai dengan apa yang dibutuhkan Kota Depok.

“Kalau ada rencana seperti itu ya wajar saja. Kota Depok tentu sangat mengharapkan program-program yang diwacanakan semuanya terealisasi,” (zis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s