PERINGATI HARI JADI KE-6, DPRD KABUPATEN PANGANDARAN GELAR RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA

PARIGI – WARTA OTONOMI

RAPAT PARIPURNA (1)Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran memperingati hari jadi ke-6 Kabupaten Pangandaran dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna, Kamis (25/10/2018).

Hari jadi Kabupaten Pangandaran yang bertemakan “Melalui Hari Jadi ke-6 Kabupaten Pangandaran Dengan Bersinergi Kita Gelorakan Semangat, Komitmen, Tekad dan Kerja Yang Kuat Untuk Pangandaran Hebat”.

Hari Jadi Kabupaten Pangandaran dikukuhkan dengan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 188.4/Kpts.24/DPRD/2015, dan ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 2 Tahun 2015.

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran H. Iwan M. Ridwan, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengatakan, dalam menjalankan fungsinya pada Tahun 2018 DPRD Kabupaten Pangandaran telah melakukan hal-hal sebagai berikut :
RAPAT PARIPURNAA. DPRD bersama Pemerintah Daerah telah membahas dan menetapkan Peraturan Daerah tentang:
1. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pangandaran Tahun 2018 – 2038 
2. Pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017.
3. Kesejahteraan Sosial.
4. Retribusi tempat penginapan, pesanggrahan dan villa milik Pemerintah Daerah.
5. Perubahan Perda Nomor 31 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Pangandaran.
6. Rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah Tahun 2018 – 2025.
7. Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 16 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016 – 2021, dan
8. Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018.
B. Pada saat ini DPRD bersama Pemerintah Daerah tengah membahas Rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2019 yang merupakan dasar dalam penyusunan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2019.
C. Pada saat ini DPRD bersama Pemerintah Daerah tengah membahas 5 (Lima) buah Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD sebagai berikut :
1. Badan Permusyawaratan Desa.
2. Kerjasama Daerah.
3. Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.
4. Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol, dan 
5. Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.
D. Berkenaan dengan fungsi pengawasan, DPRD Kabupaten Pangandaran melalui Komisi Komisi telah melaksanakan tinjauan lapangan ke beberapa lokasi. Dari tinjauan lapangan dimaksud menghasilkan beberapa catatan sebagai berikut :
1. Program Pendididkan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pariwisata perlu disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, sehingga mengetahui dan mendukung program prioritas dimaksud, demi terwujudnya visi Kabupaten Pangandaran sebagai tujuan wisata berkelas dunia.
2. Pelaksanaan APBD harus berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan, sehingga realisasi anggaran sesuai target.
3. Pembangunan infrastruktur harus sesuai dengan spesifikasi dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
E. Kami mengapresiasi diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017, dan mendorong Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk meningkatkan kinerja agar dapat mempertahankan kualitas laporan keuangan.
F. Memasuki tahun politik yang sarat dengan kompetisi, kami mengajak agar pimpinan dan anggota DPRD tetap menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan, serta tetap bekerjasama dan bersinergi dalam membangun daerah.
G. Selanjutnya, memasuki tahun terakhir masa jabatan pimpinan dan anggota DPRD, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat atas kerjasama dan kepercayaannya.
Selama 4 tahun bekerja, DPRD Kabupaten Pangandaran turut serta mengisi Pangandaran sebagai Daerah Otonomi Baru.
Semoga pengabdian kami dapat diterima dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di Kabupaten Pangandaran, pungkas Iwan.
Rapat Paripurna Istimewa ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah IV, Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jabar X, Anggota DPRD Jawa Barat Daerah Pemilihan Jabar XI, Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Wakil Bupati H. Adang Hadari, Danrem 0613 Tarumanegara, Dandim 0613 Ciamis, Rektor ITB, UNPAD, UNPAS dan UNIGAL serta tamu undangan lainnya.
(Yudhi’s/Humas DPRD Kabupaten Pangandaran)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s