Satu SSK Pasukan Tempur Ibukota Diterjunkan Pada Giat TMMD di Depok

DEPOK – WARTA OTONOMI 

Sebanyak 70 personel atau satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) dari Batalyon Infantri (Yonif) Mekanis 201/Jaya Yudha, yang dikenal dengan pasukan tempur Ibukota atau pasukan tempur dalam kota, diterjunkan dalam giat sasaran fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok sejak 16 Oktober lalu.

Mereka melakukan pengerasan jalan dan menormalisasi Kali Baru di Cipayung Jaya.

Kapten Inf Dwi Pamuji, selaku Komandan Kompi Senapan B Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha, menuturkan tugas utama Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha yang bermarkas di Jalan Raya Bogor KM 28 Gandaria, Jakarta Timur ini, adalah perang dan membantu pengamanan ibukota dalam berbagai event besar seperti Asian Games, Asian Para Games atau pertandingan Sepak Bola.

Namun dalam giat TMMD ke 103 di Depok ini sebanyak 70 personelnya di BKO kan ke Kodim Depok untuk membantu menyukseskan TMMD.

“Selain melakukan tugas utama dan pokok, kami sudah terbiasa melakukan tugas lain sepertI TMMD ini. Beberapa kali kami juga melakukan berbagai penanganan, diantaranya membantu penanganan bencana alam, percepatan pembangunan wilayah dan kegiatan sosial lainnya,” kata Dwi, yang juga sebagai Komandan SSK TMMD ke 103 di Depok, Selasa (30/10/2018).

Menurut Dwi, sebagai pasukan tempur jarak dekat, personel Batalyon Infantri (Yonif) Mekanis 201 terbiasa cekatan dan sigap dalam melaksanakan tugas demi kepentingan masyarakat termasuk membantu percepatan pembangunan di Daerah, seperti dalam TMMD ini.

“Dan program TMMD ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga kami senang melakukannya selama bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Batalyon Infanteri Mekanis 201/Jaya Yudha atau Yonmek 201/JY merupakan Batalyon Infanteri Mekanis yang berada di bawah Komando dari Brigif 1/Jaya Sakti, Kodam Jaya. Markas batalyon ini berkedudukan di Jalan Raya Bogor KM 28 Gandaria, Jakarta Timur.

Tugas pokok dari batalyon ini adalah untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat di darat dengan menggunakan kendaraan tempur angkut lapis baja guna mencari, mendekati, menghancurkan dan menawan musuh serta merebut, menguasai dan mempertahankan medan baik berdiri sendiri maupun dalam hubungan yang lebih besar dalam rangka mendukung tugas pokok Brigade Infanteri ataupun Komando Utama (Kotama).

Dalam perkembangannya pasukan batalyon ini kerap melakukan pengamanan ibukota dari event besar juga pengamanan pejabat negara baik dalam maupun luar negeri dari jarak jauh.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0508/Depok Kapten Inf Ibrahim mengaku bangga atas semangat prajurit Yonif Mekanis 201/JY, yang tergabung dalam Satgas TMMD Kodim 0508/Depok ini.

“Saya bangga terhadap prajurit Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha yang telah membantu melakukan, pengerasan jalan, normalisasi Kali Baru, pengobatan gratis serta penyuluhan di tiap-tiap sekolah wilayah Depok yang menjadi sasaran utama TMMD,” katanya.

Menurut Ibrahim setelah dua pekan berjalan, pelaksanaan TMMD ke 103 dengan sasaran fisik berupa pengerasan jalan dan normalisasi sungai, sudah mendekati 50 persen.

“Sampai saat ini proses pembangunanya terus berjalan. Kita berharap pengerjaan yang dilakukan satgas, sesuai harapan pencapaiannya.

Ia memastikan semua kebutuhan Satgas TMMD, sudah disediakan di posko, yang berada tidak jauh dari lokasi pengerasan jalan serta normalisasi sungai. (Zis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s