KAPOLRES CILEGON AKBP RIZKI A.PRAKOSO,SH.S.IK., PIMPIN APEL GELAR OPERASI MANTAP KALIMAYA BRATA 2018

CILEGON – WARTA OTONOMI

gelar-pasukan-polres-cilegon-3.jpgAmanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia pada apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat Mantap Brata 2018 Rabu tgl. 19/09/2018.

Apel gelar Pasukan dalam rangka Operasi Mantap Brata Kalimaya Tahun 2018 dengan tema : “Melalui Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Mewujudkan Kamdagri Yang Kondusif” dengan penanggungjawab Kapolres Cilegon AKBP RIZKI A. PRAKOSO, SH, S.IK.

Dalam Apel tersebut di hadiri oleh : Ketua DPRD Kota Cilegon Ir. FAKIH USMAN UMAR,SE ; Kejari Cilegon ANDI MINARWATI,S.H,M.H ; ASDA 1 Kota Cilegon Drs. TAUFIKQUROHMAN ; Kapolres Cilegon AKBP RIZKI A. PRAKOSO, S.H,S.IK ; Dandim 0623 Cilegon LETKOL ARM RICO RICARDO SIRAIT, B.S, M,Mds ; Pejabat Utama Polres Cilegon ; Perwakilan Danlanal Banten di wakili oleh Kapten Laut TEGUH ; Kasat Intelkam H AWAB SH ; Anggota KPU Kota Cilegon FATUROHMAN,ST.,  ELI JUMAWLI,S.Ag ; Ketua Bawaslu Kota Cilegon SISWANDI, ST. Kasat Pol PP Kota Cilegon Sdr ELANG RAMLAN ; Kesbangpol Kota Cilegon SUPARMAN,SH ; Perwakilan Ketua Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2019 ; Perwakilan Panwacam se Kota Cilegon ; Perwakilan PPK se kecamatan Cilegon

Gelar pasukanAdapun peserta Apel yang terlibat sebagai berikut :
– 1 Pleton Perwira Polres Cilegon
– 1 Pleton Lanal Banten
– 1 Pleton Gabungan PM, Pomal dan Polres Cilegon
– 1 Pleton Kodim 0623 Cilegon
– 1 Pleton Rainmas Polres Cilegon
– 1 Pleton Dalmas inti Polres Cilegon
– 1 Pleton Dalmas Gabungan polsek
– 1 Pletok Dalmas Polwan
– 1 Pleton Satlantas Polres Cilegon
– 1 Pleton Gabungan Reskrim dan Intel
– 1 Pleton Dishub Kota Cilegon
– 1 Pleton Sat Pol PP Kota Cilegon
– 1 Pleton Damkar Kota Cilegon

gelar pasukan polres cilegon (5)Marilah kita mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan rahmat dan karunianya pada hari ini kita dapat hadir dalam apel gelar pasukan operasi kepolisian Mantap Brata 2018 dalam rangka Pengamanan pemilu tahun 2019 apel gelar pasukan ini diselenggarakan di seluruh jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personil sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan dengan demikian Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman lancar dan damai.

Kepolisian di era demokrasi bertumpu pada upaya untuk meraih kepercayaan publik selaku Pemegang kekuasaan tertinggi hal tersebut diwujudkan antara lain dengan penegakan hukum penghormatan terhadap nilai-nilai HAM dan peningkatan kualitas pelayanan publik Selain itu pemulihan di era demokrasi juga diwujudkan dengan adanya jaminan keamanan dalam penyelenggaraan berbagai agenda demokrasi seperti penyampaian pendapat di muka umum Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta jaminan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung oleh publik guna memilih kepala daerah anggota legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia

Pemilihan umum dapat dikatakan sebagai penanda utama demokrasi atau the Hammer of demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta menentukan pemimpinnya pada periode mendatang dalam kaitan tersebut bangsa Indonesia akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi tahun 2019 yang tahapannya tengah berlangsung.

gelar pasukan polres cilegon (2)Saat ini Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena itu untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan adanya ambang batas parlemen atau parlementer threshold sebesar 4% di sini akan menuntut pada ada pada adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya tidak hanya untuk memenangkan Pileg dan Pilpres namun juga agar tetap bisa bertahan dalam kacamata Kamtibmas peningkatan intensitas.

Kegiatan politik ini Tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan diantaranya yang cukup jadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas penyebaran isu isu yang dapat memecah memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran hoax dan hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholder terkait akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Mantap Brata 2018 yang dilaksanakan selama 397 hari terhitung mulai tanggal 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019.

gelar pasukan polres cilegonSebelum mengahiri amanat ini ada beberapa penekanan sebagai berikut :

Perkuat soliditas dan sinergisitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai.

Jaga netralitas Polri dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu

Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

Dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Gelorakan deklarasi Pemilu damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu

Susun rencana pengamanan  secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan termasuk dalam menghadapi situasi kontijensi

gelar pasukan polres cilegon (6)Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui sentra gakkumdu maupun potensi pelanggaran hukum lainnya guna menjamin stabilitas Kamtibmas yang kondusif.

Demikian amanat saya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Kegiatan dilanjutkan dengan latihan simulasi penanggulangan anarkis dalam rangka pengamanan pilpres tahun 2019. Serta Patroli 3 Pilar yaitu TNI, Polri dan Sat Pol PP Kota Cilegon serta dilanjutkan dengan foto bersama Forkominda Kota Cilegon.Pungkas (M. Fahry)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s