Ketua DPD TCW Kalteng,Angkat Bicara Terkait Kucuran Dana Desa (DD).

Palangkaraya,Kalteng – Warta Otonomi.

Mengalirnya anggaran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat yang diperuntukan untuk Desa-Desa tertinggal sangatlah membantu. dalam jumlah Miliyaran Rupiah per-tahunnya tentu saja hal tersebut dapat meningkatkan  dibidang perekonomian.dengan DD tersebut maka bermacam infrastruktur dibangun, baik itu jalan-jalan pedesaan, jalan-jalan kolompok tani, bangunan perkantoran dll.

Khususnya untuk daerah Kalimantan Tengah (KALTENG), rata-rata seluruh Pedesaan mendapatkan bantuan DD tersebut sejak dari tahun 2015 hingga tahun sekarang berjalan (2018). Ketua Dewan Pimpinan Daerah Transparent Corruption Watch Kalimantan Tengah (DPD-TCW-KALTENG) menjelaskan kepada Wartawan WARTA OTONOMI mengenai DD yang mengalir khususnya di Kalteng. dia yang akrab dipanggil Master DIAMON angkat bicara pula terkait penggunaan DD oleh Oknum Kades-Kades.

“Pemahaman mengenai pengelolaan DD menjadi aspek penting dan sangat mendasar yang harus dimiliki oleh para pemangku kepentingan di level Pemerintah Desa (Pemdes), khususnya perangkat Desa dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas keuangan Desa.

Berdasarkan  Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan Desa, pengelolaan DD itu harus dilakukan secara transparan, akuntabel, partisipatif, tertip dan disiplin anggaran.

Dari hasil pemantauan kami di lapangan ada 5 titik rawan korupsi dalam proses Pengelolaan dana desa  yaitu dari proses :
1. Perencanaan
2. Pertanggungjawaban
3. Monitoring dan evaluasi
4. Pelaksanaan
5. Pengadaan barang dan jasa.

Modus  korupsi antara lain diduga berkerjasama  bersama oknom pendamping Desa membuat rancangan anggaran biaya diatas harga pasar, mempertanggungjawabkan pembiayaan bangunan fisik dengan DD padahal proyek tersebut bersumber dari sumber lain, laporan penggunaan dana BUMDES yang fiktif dikelola oleh Kepala Desa(Kades),   pemungutan dan pemotongan dana Desa oleh penjabat Kecamatan atau Kabupaten,”ujarnya.

“Penggunaan DD oleh beberapa oknum kades-pun untuk wilayah Kalteng banyak sekali terindikasi Dugaan tidak tepat sasaran.dari hasil investigasi kami dilapangan,dugaan korupsi semakin cukup kuat. untuk saat ini, kami tetap menghimpun data yang lebih akurat.hal tersebut guna memberi pelajaran yang berharga bagi mereka,”Tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s