LSM GERAK INDONESIA DPD BANTEN, “MINTA KLARIFIKASI DINAS LINGKUNGAN HIDUP TERKAIT DUGAAN PEMBUANGAN LIMBAH B3 PT. BMM”

SERANG – WARTA OTONOMI 

thumbnail (2)Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Rakyat Anti Korupsi (GERAK) INDONESIA Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  Provinsi Banten melayangkan surat guna meminta klarifikasi kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Serang terkait dugaan pembuangan limbah B3 cair yang dilakukan PT. Berkah Manis Makmur (BMM) yang beralamat di JL. Raya Jakarta – Serang Km 62.5, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Serang – Banten, Cikande, Serang – Banten.

thumbnail (3)
Pasalnya usai dilakukan sidak pada bulan Agustus 2018 lalu oleh DLH bersama dengan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Serang belum adanya informasi lebih lanjut dari hasil sidak yang dilakukan.  Meski terbukti melakukan dugaan pembuangan limbah B3 cair sampai dengan saat ini belum ada proses hukum yang di tempuh pihak DLH Kabupaten Serang terhadap perusahaan PT. BMM, Ironisnya ketika saluran pipa pembuangan limbah B3 cair sudah di tutup saat sidak, pada malam hari pihak perusahaan diduga masih membuang limbah dengan cara menggunakan mesin sedot air dari penampungan limbah yang dibuang ke aliran Sungai Cidurian.


thumbnail (1)Seperti yang di sampaikan Heri, selaku Kepala Bidang Ketenagakerjaan dan Lingkungan Hidup GERAK Indonesia DPD Provinsi Banten kepada wartawan. Rabu, September 2018. Dalam hal ini kami sengaja melayangkan surat klarifikasi kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Serang untuk meminta informasi keterkaitan tindak lanjut dari sidak yang sudah dilakukan pada bulan Agustus 2018 lalu.

“Ada 2 point dari surat klarifikasi yang kami sampaikan :

(1). Memohon informasi atau keterangan hasil kunjungan sidak dari Komisi IV DPRD Kabupaten Serang bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup pada bulan Agustus 2018 terhadap PT. Berkah Manis Makmur yang diduga masih membuang limbah dengan cara menggunakan mesin sedot air dan di buang ke aliran Sungai Cidurian, Cikande, Kabupaten Serang.

(2). Terkait atas dugaan pembuangan limbah yang termasuk dalam salah satu kategori tindak kejahatan lingkungan oleh perusahaan PT. BMM maka kami meminta klarifikasi atas dugaan ini, ” kata Heri.

image002Saat dikonfirmasi wartawan, Neni Nurhaeni Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang mengatakan, Terkait pembuangan limbah B3 cair yang dilakukan PT. BMM pihaknya sudah menindaklanjuti, namun terkait masih dilakukannya pembuangan limbah menggunakan mesin sedot air oleh PT. BMM dimalam hari pihaknya baru mengetahui lewat konfirmasi wartawan. “Soal masih dibuangnya limbah oleh PT. BMM dengan menggunakan mesin sedot air kami belum mengetahui, untuk itu kami berterimakasih atas infonya dan segera kami tindaklanjuti serta memberikan informasi ini kepada pimpinan,” ucapnya.  Sementara Kapolres Kabupaten Serang, AKBP. Indra Gunawan saat diminta tanggapannya terkait hal ini menyampaikan, Pihaknya akan mencoba mendalami keterkaitan hal tersebut dengan menurunkan team ke lokasi. “Baik terimakasih atas informasinya akan segera saya teruskan kepada team dilapangan untuk ditindaklanjuti,”Tandasnya (M. Fahry)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s