SEKDA ROHIL LAUNCHING BANSOS NON TUNAI DARI PROGRAM PKH DAN KPM

ROKAN HILIR – WARTA OTONOMI

Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hilir Drs. H. Surya Arfan MSi, melakukan melaunching penyaluran bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) perluasan Kabupaten RohKan Hilir tahun 2018, Selasa (28/8/2018) di Gedung Serbaguna Jalan Utama (Bagansiapiapi).

Program tersebut salah dari program Kementrian Sosial RI guna meningkatkan kualitas keluarga menuju keluarga mandiri dan meningkatkan taraf pendidikan serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan khususnya bagi anak–anak keluarga penerima manfaat, maka pemerintah  melalui Program Keluarga Harapan (PKH) memberikan bantuan kepada Keluarga Miskin yang berdasarkan Basis Data Terpadu berupa Bantuan Non Tunai.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Drs. H Surya Arfan MSi, menyampaikan, Program PKH ini menjadi salah satu akses pelayanan sosial, kesehatan, pendidikan bagi keluarga yang kurang mampu. Dalam hal ini tentunya kita dari pemerintah daerah sangat berterima kasih dan menyambut baik program dari kementrian.

“Untuk perluasan KPM di kabuaten Rokan Hilir terjadi kenaikan 100 persen lebih. Dimana hingga tahun 2017 kemaren data penerima PKH yang tersebar di 18 kecamatan di Rohil tercatat sebanyak 16.453 KPM dengan anggaran lebih kurang Rp31 Miliar,”ujar Surya Arfan.

Dengan terjadinya kenaikan perluasan ini tentunya kita berharap bisa membantu keluarga miskin untuk memenuhi kebutuhan terutama dalam hal kesehatan dan pendidikan anak,”harap Surya Arfan.

“Bantuan PKH ini menjembatani hubungan pusat dan daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu atas nama pemeritah daerah kita mengucapkan terima kasih kepada pendamping dan pelopor PKH yang telah bekerja dengan sangat baik khususnya dalam hal melakukan pendataan penerima PKH,”ucap Surya.

Menurutnya, untuk penyalur bantuan tersebut, kita memilih dan mempercayakan kepada Bank Mandiri. Sebagaimana yang kita ketahui, Bank Mandiri ini keberadaannya sangat terbatas di Rohil, karena Bank ini hanya ada di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih. Untuk itu kita minta kepada Bank Mandiri untuk menyalurkannya langsung kepada masyarakat yang jaraknya sangat jauh dari bank tersebut,”papar Surya.

Sementara itu, Kadis Sosial Rohil, Dr.H.M.Junaidi Saleh MKes mengatakan, Program PKH ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dimana Program ini memberikan bantuan untuk memutuskan mata rantai kemiskinan mulai dari anak-anak tingkat SD hingga SMA, lansia, dan keluarga miskin lainnya.

Diterangkan, pada tahun 2014 penerima PKH dirohil berjumlah 2.357 keluarga, tahun 2015 terjadi penembahan menjadi 1.634 penerima, tahun 2016 terjadi lagi penembahan dan menjadi 5.238 penerima, dan alhamdulillah tahun 2017 kita kembali mendapatkan perluasan KPM sebanyak  8.650 penerima, total penerima sampai akhir 2017 lalu sebanyak 16.453 orang,” tutupnya. (Chan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s