KARNAVAL KEMERDEKAAN, DAN SATGAS & KEPALA DISTRIK JAIR KABUPATEN BOVENDIGOEL

Bovendigoel – Warta Otonomi

kARNAVAL 3Dalam rangka menyambut Peringatan HUT Ke-73 Republik Indonesia tahun ini, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad menggelar acara Karnaval Kemerdekaan di wilayah Distrik Jair Kabupaten Bovendigoel. Kegiatan karnaval ini diselenggarakan di sepanjang Jalan Utama Kampung Asiki Distrik Jair sejauh 3 kilometer, Rabu (15/08/2018).
Sebagai tamu undangan turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Bovendigoel Benidiktus Tambonop, S. STP., Kepala Distrik Jair, Danramil 1711-13/GTR, dan Kapolsek Jair. Kegiatan yang ditargetkan mampu menarik peserta 1000 orang ini berlangsung sesuai rencana. Seperti dirilis oleh Lettu Inf Johan Boarmasa sebagai koordinator Karnaval Kemerdekaan ini, jumlah peserta yang hadir mencapai lebih dari 1200 orang.

Karnaval ini diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, barisan diawali dengan Kelompok Drumband dari SMPN Asiki, dilanjutkan dengan barisan siswa-siswi yang menggunakan pakaian adat dari seluruh Indonesia. Yang menjadi perhatian utama dalam karnaval ini yaitu bentangan Bendera Merah Putih sepanjang 140 meter yang dibawa oleh Calon Paskibra Distrik Jair yang nantinya akan bertugas pada saat Upacara Detik-detik Proklamasi. Selain itu, seluruh peserta yang hadir diberikan kaos dengan warna merah dan putih, sehingga membentuk barisan merah putih yang sangat menakjubkan.


Menurut Bupati Kabupaten Bovendigoel, “kegiatan ini sangat menginspirasi warga Papua untuk meningkatkan rasa nasionalisme, terimakasih Satgas 323 Kostrad, Mantap”, ujarnya. Ia juga menambahkan, “warga Distrik Jair terkenal dengan kemajemukannya, dan dapat terpelihara kedamaian yang konsisten terjaga”.

Dalam Karnaval Kemerdekaan ini juga dihadirkan stand display persenjataan yang dimiliki oleh Satgas Yonif Raider 323/BP dan juga stand bazar kerajinan tangan prajurit Satgas. Dansatgas Yonif Raider 323, Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina mengatakan, “kerajinan tangan yang kami tampilkan adalah hasil kreativitas para anggota yang ada di seluruh pos jajaran Satgas 323 Kostrad”. Ia juga menambahkan, “kami tidak mematok harga yang tinggi untuk hasil kerajinan tangan tersebut, lebih kepada tujuan menginspirasi masyarakat untuk kreatif memanfaatkan barang-barang yang ada disekitarnya”.

Kegiatan karnaval ini, diakhiri di Lapangan Sepakbola Asiki dengan disambut penampilan hiburan dari para pemenang Lomba Buaya Putih Got Talent yang dilaksanakan pekan lalu. Selain itu warga masyarakat juga tumpah ruah berjoged bersama dengan para tamu undangan menarikan Tarian Tobelo. Salah seorang peserta, Foresta yang juga sebagai pengisi acara dalam kegiatan ini berkomentar, “luar biasa memang abang-abang dari 323, tidak pernah habis berinovasi membuat kegiatan yang menarik”. 
( Yudhi’s/PEN YONIF R 323/BP KOSTRAD )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s