Bupati Rokan Hilir Resmikan Launching Gerakan Pemasangan tanda pembatasan

Rohil – Warta Otonomi
Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno Amp, secara resmi membuka acara launching gerakan pemasangan tanda batas dalam rangka pendaftaran tanah sistematis lengkap dan pemasangan produk unggul, Kamis (2/8/2018) sekitar pukul 10.00 Wib di halaman gedung Budi Dharma Kepenghuluan Bagan Batu Barat Kecamatan Bagan Sinembah Rohil.

Dalam sambutan kepala kantor Badan Pertanahan Nasinol (BPN) Kab. Rohil H.M Rocky Soenoko SH, Msi menyebutkan, acara ini pertama kalinya dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia.

“Pada tahun 2017 yang lalu pendaftaran dilaksanakan secara sporadis dan belum terpetakan dan terukur secara sistematis.,”jelas H. M Rocky Soenoko.

Lanjutnya, bahkan sejak pada tahub 1980 yang lalu tentang diluncurkan program prona belum melakukan pengukuran dengan titik kodinat tentang batasan tanah.  Bahkan sejak di kuncurkannga program Sertifikat prona tersebut ketap ditemui kasus penyerobotan tanah sehingga menimbulkan polemik.

Oleh  karena itu selain akan memunculkan polemik tanag,  dengan tidak terdaftar atau terpetany secara sistematis, sehingga berdampak pada nilai tanah serta menjadi penghambat investor, “ungkap Rocky.

Menurut H.M Rocky,  bahwa sepanjang tahun 2018 ini pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Rohil baru mengeluarkan sertifikat tanah sebanyak 5000. Untuk itu jelas masih banyak peluang semua warga akan segera dipetakan tanahnya.  Oleh karena itu,  untuk Kabupaten Rokan Hilir kita fakuskan Lounching ini di Kecamatan Bagan Sinembah sebagai pilot project, “ungkapnya.

Dengan terpetakan tanah tersebut menurut Rocky lagi selain akan memudahkan pendataan juga akan memperjelas status tanah. Dengan demikian polemik yang terjadi tentang batasan tapak tanah ini terselesaikan dan jelas status tapal batas tanahnya.
“Intinya jika sudah terpetakan, jelas masyarakat juga akan lebih tenang karena tanah sudah ada identitasnya. Diharapkan melalui PTLS ini penyerobotan tanah tidak lagi terjadi,” ungkapnya lagi. 
Dan untuk mengantisipasi munculnya permasalahan batasan tanah tersebut, Rocky meminta kepada segenap warga masyarakat serta menyambut baik Kegiatan PTLS ini, dan dengan diturunkannya petugas pemasangan tapal batas ini masyarakat agar dapat membantu kegiatan tersebut.
“Kita mengharapkan dukungan dari semua elemen agar kegiatan pemasangan tanda batas ini berjalan lancar, dan sukurnya lagi ternyata pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah sangat proaktif dengan menurunkan ribuan petugas pemasangan tanda batas tersebut, sehingga semuanya dapat berjalan dengan sukses dan lancar,”tandasnya.
Ditambahkannya, pemetaan ini dilakukan tidak kepada tanah yang telah bersertifikat, namun seluruh bidang tanah yang ada. “Kita akan ukur dan petakan, baik yang sudah sertifikat maupun belum, baik tanah aset desa maupun pemerintah daerah dan pusat, keuntungannya juga, kepala desa tidak akan kesulitan lagi dalam hal mengeluarkan Surat Keterangan Tanah, tinggal koordinasi dengan kita, maka kita akan carikan datanya, dan melalui titik koordinat yang sudah kita kunci maka semua yang berkaitan dengan tanah tersebut tidak lagi ada kendala,” ungkapnya.
Rocky menambahkan, kalau masih dimungkinkan, BPN Rohil akan mewujudkan Kecamatan Bagan Sinembah “satu bidang tanah, satu pemilik dan satu alas hak” melalui kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di mana seluruh bidang tanah tanpa kecuali diukur dan dipetakan semua.
“Tidak hanya yang mau disertipikasi saja, yang tidak ikut pun diukur dalam rangka pemutakhiran data pendaftaran tanah yang dapat digunakan dinas terkait untuk meningkatkan potensi PAD,” tandasnya.

Semantara itu sambutan dan Pengarahan Bupati Rohil H Suyatno Amp mangatakan, saya mengucapkan kepada masyarakat Bagan Sinembah atas sambutannya. Pemerintah daerah apresiasi kepada masyarakat desa bagan sapta permai yang membuat kegiatan pembuatan batik, mari kita dukung kegiatan tersebut,”ujar Bupati H Suyatno.

Bupati juga menyampaikan apreasiasi kepada camat beserta upika yang telah menertibkan rumah liar yang ada di perbatasan bagan batu.

Ia juga mengharapkan kepada pemangku-pemangku adat dan datuk penghulu untuk membantu kepada BPN untuk mendudukan tapal batas bidang tanah.

Hadir dalam acara launching itu, Bupati Rohil, H. Suyatno Amp, Kepala BPN Rohil, H. M Rocky Soenoko, SH Msi, Porkopimda Kab Rohil, Wakil ketua I DPRD kab Rohil Suyadi SP, Wakil ketua II DPRD kab Rhil, Drs H Syarifudin, Anggota DPRD kab Rohil, Maston seragih, Penasehat kawasan LAM-R bagan sinembah, H. Wan Muktar Nur, Ketua SPSI kab Rohil, H. Puad Ahmad, Camat bagan sinembah, Sakinah S.STP MSI, para upika Kecamatan bagan sinembah serta para datuk penghulu dan masyarakat.(Chan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s