Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap

Pulang Pisau, Warta Otonomi.

 

Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) untuk kegiatan tahun 2018 terus berjalan hingga sampai akhir tahun. Bagi masyarakat bila ingin mensertifikatkan tanahnya silahkan daftarkan saja ke Kantor Pertanahan yang beralamat : Jalan Wad Duha, Komplek Perkantoran, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.
Beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi berupa ; Formulir Pendaftaran Tanah, Asli Surat Pernyataan Tanah (SPT)/Alas Hak, Foto Copy KTP & KK Serta Foto Copy PBB Tahun Berjalan, adapun untuk Lokasi PTSL tersebut terdiri pada Empat Kecamatan untuk wilayah Kabupaten Pulang Pisau.
Kepala Dinas Kantor Pertanahan yang bernama Iwan Sosianto S. ST. M.A.P menyampaikan kepada awak media Selasa (17/07/2018) terkait lokasi PTSL tersebut. lokasi PTSL tersebut terdiri dari Empat Kecamatan untuk wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Kahayan Hilir, Kecamatan Maliku, Kecamatan Jabiren Raya dan Kecamatan Kahayan Tengah. adapun untuk Kecamatan Kahayan Hilir terdiri dari Tiga Kelurahan dan Enam Desa (Kelurahan Pulang Pisau, Kelurahan Kalawa, Kelurahan Bereng, Desa Anjir Pulang Pisau, Desa Mintin, Desa Bontoi, Desa Hanjak Maju dan Desa Gohong). Untuk Kecamatan Maliku ada Dua Desa (Desa Maliku Baru dan Desa Sei Baru Tewu). Sedangkan untuk Kecamatan Jabiren Raya Empat Desa (Desa Henda, Desa Jabiren, Desa Garung dan Desa Sakakajang). Adapun untuk Kecamatan Kahayan Tengah terdiri dari Empat Desa (Desa Petuk Liti, Desa Balukon, Desa Bahu Palawa dan Desa Sigi),”Ujarnya.
Untuk pungutan biaya Surat Keterangan Bebas (SKB) atau Surat Keterangan Wajib Pajak, disesuaikan Surat edaran dari Tiga Menteri dan juga mengacu kepada peraturan gubernur nomor 23 Tahun 2017. Kepala Dinas Kantor Pertanahan yang akrab disapa Pak Iwan Ini menyebutkan terkait biaya pungutan SKB tersebut semua diratakan untuk wilayah Kalimantan Tengah yaitu sebesar Rp.250.000,00 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu) Rupiah per-Bidang atau per-Berkas.
Tahun 2018 data pengukuran keseluruhan kita targetkan 5.000 dikabupaten Pulang Pisau,sedangkan saat ini secara Elextronik sudah mencapai 404.88.adapun  untuk data Berkas Dokomennya secara Elextronik sudah mencapai 2.255.
Ketika awak media tanyakan keutamaan PTSL !?, Pak Iwan menjelaskan PTSL ini merupakan Program Strategis dari Presiden Joko Widodo, selain itu dengan adanya PTSL,masyarakat bisa dengan mudah melakukan bentuk transaksi misalkan berupa jaminan untuk meminjam uang ke Bank atau jual beli tanah dan lain-lain. (Darto-WO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s