Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokoh di Lima Pasar Stabil

Depok WO — Walikota Depok Muhammad Idris didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Kania Parwanti mengaku jelang bulan Ramadan, harga bahan pokok di Kota Depok masih belum mengalami kenaikan yang signifikan. Hal tersebut berdasarkan pantauan pihaknya di lima pasar tradisional yang dikelola Pemkot Depok.

“Pada dasarnya bahan pokok yang kami pantau adalah yang memiliki Harga Eceran Tertinggi (HET), seperti beras, daging, minyak goreng, dan gula pasir,” jelasnya di Depok.

Menurutnya untuk harga beras kualitas medium masih stabil yaitu Rp 9.141/kg, daging sapi murni Rp111.964/kg, daging ayam broiler Rp61.929/ekor. Sedangkan untuk telur ayam broiler Rp22.767, minyak goreng curah Rp11.157/liter dan gula pasir Rp12.583/kg.

Untuk bawang merah belum juga mengalami kenaikan yang draktis yaiyu Rp.32.600kg dari harga sebelumnya Rp.32.332kg bawang putih Rp.31.619kg dari sebelumnya Rp.32.553 kg. dan cabe merah kriting Rp.35.646 kg dari harga Rp.32.680 kg dari harga sebelumnya Rp.32.332. kgcabe merah 35.646 kgdari harga sebelumnya Rp.36.062 kg ujarnya.

Untitled
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok Kania Purwanti

Kania menjelaskan beberapa pekan lalu memang harga cabe sempat mengalami kenaikan. namun saat ini harga sudah mengalami penurunan.

Harga cabai ini bergantung pada kondisi tanam dan panen. Jadi tidak mempengaruhi  pada bulan Ramadhan dan kalau ada kenaikan itu,pun belum terlalu tinggi dan masih dalam tingkat yang wajar. Ujarnya

Dirinya menambahkan guna mengantisipasi kenaikan harga jelang Ramadhan pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah langka antisipatif.diantaranya menggelar operasi pasar murah dan melakukan pemantauan harga secara ketat..

Kalau ada harga eceran yang tinggi kita cek, berapa lama naiknya, cek dimana supliernya apakah kurang atau tidak di suplier, seperti itu,

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Kania Purwanti mengatakan bahwa kebutuhan pokok jelang Bulan Ramadan aman. Hal tersebut berdasarkan tidak ada kenaikkan yang signifikan atau penimbunan kebutuhan di pasar tradisional yang ada di Kota Depok.

Kania menjelaskan, beberapa pekan lalu memang harga cabai sempat naik namun saat ini sudah menurun.

“Cabai barangkali bergantung pada kondisi tanam atau panen, jadi enggak ngaruh pada momen Ramadan. Presentase naiknya masih wajar,” terang Kania, beberapa waktu lalu.

Pada dasarnya, lanjut Kania, Disdagin memantau barang yang punya harga eceran tertinggi, sebut saja beras, minyak, dan daging. Disdagin membawahi pasar tradisional, jadi hanya mengecek harga disana.

“Kalau ada harga ecer tinggi kita cek, berapa lama naiknya, cek dimana supliernya apakah kurang atau tidak di suplier, seperti itu,” ujarnya.

Pemantauan pun dilakukan tiap pekan dan memberi laporan ke beberapa OPD serta stakeholder terkait. Tim gabungan pemantauan harga bahan pokok jelang Ramadan ada di Asisten Ekbangsos Kota Depok, dimana Polresta Depok ikut didalamnya. “Dengan atau tanpa tim, Disdagin tetap akan jalan memantau,” tutup Kania. (zis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s