POLDA MALUKU UTARA PERANGI NARKOBA, SALAH SATU DARI TERSANGKA MASUK DPO

Maluku Utara  WO — Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku Utara (Malut), meringkus empat tersangka masing-masing dengan insial MAG alias A, HA alias, T, IP, dan IM alias I dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Mereka ditangkap ditempat dan waktu yang berbeda-beda. Selain empat tersangka, Dit Resnarkoba Polda Malut menetapkan satu orang Bernama Jaya, alias Canox sebagai daftar pencarain orang (DPO).

Untitled

Dir Narkoba Polda Malut, AKBP. Mirzal Alwi, didampingi Kabid Humas, AKBP Hendry Badar, dalam konferensi pers, di Kantor Ditresnarkoba Polda Malut, Jumat (14/07/2017) mengatakan, penangkapan empat tersangka berdasarkan informasi dari masyarakat kemudian anggota Dit Resnarkoba Polda Malut dan jajaran Polres di Kabupaten/Kota, melakukan pengembangan dan menangkap tersangka MAG alias A di kelurahan Tobona, Kecamatan Ternate Selatan, Rabu (05/072017). “Saat penangkapan, barang bukti ditangan tersangka berupa 1 saset narkoba jenis sabu dengan berat kotor 0,7 gram, dan 1 unit HP Samsung warna putih,” katanya.

Anggota Polisi terus melakukan pengembangan, sehingga berselang beberapa jam kemudian anggota Polres Kabupaten Sula, berhasil meringkus tersangka HA alias T di Desa Fogi, Kabupaten Sula. Barang bukti yang diamankan dari tangan tersangka berupa, 10 buah plastik kecil bekas sabu, 1 unit HP dan uang tunai Rp 260 Ribu. “Tersangka ditangkap berdasarkan informasi dari masyarakat, ‘ujarnya.

Tidak hanya itu, Anggota Dit Resnarkoba Polda Malut terus melakukan pengembangan dan berkoordinasi dengan Polres di Kabupaten/Kota, sehingga pada Kamis (08/07/2017) pukul 01:15 Wit menangkap tersangka IP di Desa Daruba Pantai, Kabupaten Pulau Morotai. Ditangan tersangka barang bukti yang diamankan 3 buah saset paket sedang sabu dengan berat kotor 2,96 gram.

Lanjut Mirzal, tim terus melakukan pengembangan dan meringkus tersangka IM alias I di salah satu bengkel, Kelurahan Tanah Raja, Kecamatan Ternate Tengah. Barang bukti yang diamankan dari tangan tersangka, 1 saset narkoba jenis sabu berat kotor 0,1 gram, 1 unit HP Samsung, dan sedotan bekas pakai.

“Penangkapan empat tersangka narkoba ini secara berturut-turut mulai sejak 5 juli sampai 12 Juli 2017. Empat tersangka ini saling terkait, namun menangkap mereka ini berdasarkan informasi dari masyarakat,” tuturnya.

Dari empat tersangka, tim anggota Ditnarkoba Polda Malut melakukan pengembangan dengan meminta keterangan para tersangka. Pengakuan para tersangka, barang haram itu ditemukan dari tersangka Jaya alias Canox yang saat sudah ditetapkan DPO oleh Dit Resnarkoba Polda Malut.

“Dalam pengakuan tersangka barang haram itu dapatkan dari Jaya, sehingg kami  langsung mene  tetapkan  masuk daftar  DPO untuk Jaya, yang diduga sebagai    pendistribusi  ke beberapa daerah di Malut,”ungkapnya.

Untuk meyakinkan  bahwapara tersangka sebagai pecandu,maka  pihak polisi melakukan  tes urien empat tersangka dan hasilnya  positif  dengan demikian para tersangka dan jaring  pasal 112 dan pasal 127 Undang-Undang Narkotika nomor 35 tahun 2009 ancaman minimal 4 tahun penjara  maksimal 12 tahun penjara. “Dari empat tersangka, dua tersangka diamankan di Ditresnarkoba Polda Malut, satu tersangka diamankan di Polres Pulau Morotai dan satu tersangka di amankan di Polres Sula,”ungkapnya.

          Nampaknya penyakit masyarakat dan musuh penegak hukum ini sudah menggurita di Maluku Utara, dengan demikian aparat penegak hukum baik Ditsernarkoba Polda maupun Bada Narkotika Nasional Maluku Utara sedang giat melakukan operasi guna memberantas Narkoba sejenis sabu dan Ganja, ujar Kabid Humas .Polda AKBP Hendry Badar menyampaikan secara rinci. (abn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s