Penambahan RTH di Kota depok mendapatkan Dukungan dari Masyarakat Depok

Depok WO — Upaya Pemerintah kota Depok menambah Ruang Terbuka  Hijau (RTH)  mendapatkan dukungan dari masyarakat yang tergabung dalam organisasi lingkungan bahkan, organisasi seperti sekertariat bersama (sekber) Ciliwung dan forum komunitas Hijau (FKH) tidak segan-segan mendukung upaya Pemkot Depok dengan turun langsung melakukan penanaman Pohon mulai dari pinggir jalan hingga pinggir kali.

dinas-lingkungan-hidup-kota-depok
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, Eti Suryahati

Kami berupaya menjaga eksitensi  alam dengan melakukan penanaman di garis sepadan sungai (GSS) maupun di situ. Beberapa lokasi yang pernah kita tanam diantaranya situ jatijajar bantaran ciliwungRatu Jaya bantaran Ciliwung Cilawet berantara Ciliwung Kemiri muka dan berantara Ciliwung Pondok Cina, kita juga menanam di bantaran kali pasanggrahan bersama komunitas peduli Pasanggrahan, Ujar Koordinator Sekber Sahabat Ciliwung Hidayat Al Ramdani.

Dikatakan , Pihaknya kerap dilibatkan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota Depok, statusnya  nantinya taman kelurahan akan memiliki luas minimal 500 meter persegi. Sehingga diharapkan pemenuhan RTH dapat mencapai target yang di inginkan.

“Saat ini kami sedang memetakan, taman RW yang bisa ditingkatkan menjadi taman kelurahan. Namun, prosesnya dilakukan secara bertahap ‘paparnya’.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kota Depok, Eti Surhayati SE, mengatakan berdasarkan data  terakhir yang dihimpun, kondisi eksitensi RTH kota Depok saat ini telah mencapai 16.33 presen atau mencapai 3.271,26 hektar yang di bagi dalam dua wilayah yaitu RTH Peduli 10,06 presen dengan luas lahan 2.015,53 hektar dan RTH Privat atau milik mengembang 6,27 persen dengan luas lahan 1.255,73 hekter, dari luas wilayah kota Depok yang mencapai 20.029 hektare.

“untuk kondisi terakhir saat ini harus dilakukan penghijauan kembali, karena ada potensi perolehan RTH serah terima dari Badan Keuangan Daerah (BKD terkait aset, maupun belanja lahan dari bagian Pemerintahan atau pun Dinas perumahan dan Pemukiman(Disrumkim), ungkapnya

Dirinya menambahkan , kebutuhan juga peran serta dari masyarakat untuk mendukung pengadaan RTH agar bisa bersinergi  dalam mengawasi. Serta melaporkan siapa saja yang mendirikan bangunan tidak pada tempatnya terlebih dahulu  jika melampaui aturan seperti menggunakan sepadan sungai.

Kami sedang berusaha keras untuk memenuhi target tersebut. Maka dari itu peran serta masyarakat sangat kami harapkan dalam hal pengawasan,”ujar Eti. (zis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s