KPU Kota Banjar Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Dana Kampanye Pilkada

Banjar WO —Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kota Banjar hari Rabu 7 Februari 2018 menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang dana kampanye calon walikota pada pilkada nanti. Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar dari Divisi Hukum, Sofian Munawar mengatakan tim kampanye dari partai politik atau gabungan partai politik dilarang menerima sumbangan dana kampanye dari pihak asing, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan dari penyumbang yang tidak jelas identitasnya.

Larangan ini kata Sofian tertuang dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomer 10 Tahun 2016 Pasal 74 dan PKPU Nomer 5 Tahun 2017. Apabila nanti terbukti menerima bantuan dari sumber dana yang dilarang, maka akan dijatuhkan sanksi, dimana uang yang diterima tidak boleh dipergunakan untuk kampanye serta harus dikembalikan ke kas negara. Apabila tetap mempergunakan dana dari sumber yang dilarang tersebut, maka tugas Panwaslu Kota Banjar yang akan menindak lanjutinya.

IMG-20180122-WA0004(3)

Untuk mengaudit keuangan paslon menurut Sofian, Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar akan bekerja sama dengan akuntan publik, dimana nantinya aliran dana yang masuk ke masing masing paslon akan diaudit oleh akuntan publik tersebut.

Besaran sumbangan dana kampanye mengacu kepada Undang Undang Nomer 10 Tahun 2016, masing masing paslon bisa menerima sumbangan dana kampanye dari perorangan maksimal 75juta, dan 750juta dari kelompok atau dari yang berbadan hukum. Sedangkan besaran pengeluaran dari paslon sendiri tidak ada batasan secara eksplisit, tetapi bisa dilihat dari batasan pengeluaran maksimal.

Lebih lanjut Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial mengatakan, besaran dana kampanye masih belum diputuskan, KPU akan menanyakan dulu ke pemkot mengenai harga satuan barang yang sesuai dengan standar pemkot, misal harga satuan untuk makanan ringan atau snack dan juga yang lain nya.

Koordinator Ikatan Akuntan Indonesia Wilayah Priangan Timur Dr Wawan Sukmana Ak CA mengatakan, laporan dana kampanye harus transparan dan akuntabel. Seluruh dana kampanye dari masing masing paslon harus bisa dipertanggung jawabkan, jangan sampai nanti berimbas ke masalah hukum. (YudiRasdian)

One comment

  1. wah bibimbingan untuk dana kampanye nya kelihatannya masih kurang cocok nih, mesti perlu pengelolaaan yang lebih baik lagi.

    buat kamu yang suka baca berita dan juga suka untuk menerima hadiah, ayo kujungi website kami dan menangkan banyak hadiahnya, ada promo imlek dan juga hp iphone X loh, kunjungi saja #aoncash.com dan juga #pokerzara.com .. selamat mencoba ya 🙂

    Disukai oleh 3 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s