Pemilihan Kepala Dusun Sarat Kepentingan

Pulang Pisau WO–Pemilihan kepala dusun membuahkan hasil yang sangat disesalkan oleh masyarakat setempat, setelah semua syarat yang dibuat oleh Kepala Desa dan Bagian Perangkat Desa terpenuhi, akhirnya terpilih lah dua kepala dusun yang baru, namun sangat disayangkan, dua kepala dusun yang terpilih dinyatakan tidak layak.

Salah satu warga setempat menceritakan kronologis bagaimana kejadian tersebut bermula, Didi Ancau yang juga tokoh warga mengutarakan bahwa pada 11 September 2017 Kades desa Gandang Reyantho bersama dengan ketua Bagian Perangkat Desa (BPD) mengeluarkan surat pengumuman yang isinya berupa persyaratan bagi calon tenaga kontrak dan Kepala Dusun, namun dalam persayaratan tersebut tidak mencantumkan batasan usia.

IMG-20180118-WA0028

Setelah persyaratan tersebut terpenuhi, tepatnya  pada tanggal 02 oktober 2017 diadakan lah pemilihan Kepala Dusun, dua orang dinyatakan terpilih sesuai dengan persyaratan yang dikeluarkan oleh Kepala Desa dan BPD. Setelah surat Keterangan dibuat oleh Kepala Desa, hal aneh mulai terlihat, Camat Maliku tidak bersedia untuk memberikan Surat Perintah kepada Dua Kepala Dusun yang terpilih dengan dalih Kedua Kadus yang terpilih  melebihi batas usia maksimum yaitu 42 tahun. Menurut Camat, batas usia yang ingin menjadi kepala Dusun paling muda usia 20 tahun dan paling tua usia 42 tahun. Hal ini jelas berbanding terbalik  dengan persyaratan yang dibuat oleh Kepala Desa dan BPD yang tidak mencantumkan batasan usia bagi yang ingin mencalonkan diri sebagai Kepala Dusun.

IMG-20180119-WA0001

Selanjutnya pada tanggal 17 januari 2018 diadakan pertemuan yang  dihadiri kedua Kepala Dusun yang terpilih beserta beberapa RT, mereka dengan jelas menolak diadakan nya pemilihan Kepala Dusun yang baru. Dalam pertemuan tersebut turut dihadiri Kepala Desa dan Perangkat Desa, Ketua BPD beserta anggotanya, Camat dan Sekretaris Kecamatan juga ketua Pembangunan Masyarakat yang diwakili oleh Sekretaris  dan jajaran nya.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Pembangunan Masyarakat Desa memutuskan agar dilakukan pemilihan kepala dusun yang baru, kuat dugaan keputusan tersebut diambil untuk mengakomodir kepentingan Camat untuk meloloskan calon yang diusung. Informasi yang beredar di Masyarakat, dalam pemilihan kepala Dusun nantinya akan ada calon tunggal yang disiapkan oleh Camat yang dinilai memenuhi persyaratan, namun Masyarakat setempat dengan jelas menolak diadakan nya pemilihan kepala dusun yang Baru, warga tetap berharap agar Dua orang yang sudah terpilih sebelumnya tetap menjadi Kepa Dusun. (Darto)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s