Pembangunan Rusun Lokbin Semper Barat contoh kegagalan Dinas Perumahan DKI Jakarta

Jakarta WO-Pembangunan Rusun Lokbin yang diperuntukkan untuk Masyarakat binaan diharapkan dapat memberi dampak yang baik khsusnya bagi warga yang akan menempati Rusun tersebut, seperti yang selalu dikumandang oleh Pemprov DKI Jakarta yaitu memberikan hunian yang layak khusunya warga gusuran. Namun sangat disayangkan niat baik Pemprov DKI Jakarta seolah ternoda oleh ulah para rekanan yang tidak mampu bekerja secara profesional.

Rusun Lokbin Semper barat hingga saat ini belum ditempati oleh warga, namun kondisi Rusun kini sangat memprihatinkan. Hampir disetiap ruangan terdapat dinding yang retak, bahkan pemasangan lantai keramik dibeberapa sudut ruangan juga terlihat tidak rata. Hasil investigasi WO dilokasi menunjukkan kalau rekanan pada saat melakukan pekerjaan tidak bekerja sesuai dengan aturan dan RAB, terbukti saat ini kondisi didalam rusun sungguh memprihatinkan, sebagian besar dinding Rusun kini pada retak hal ini jelas sangat disayangkan karena ini menyangkut kenyamanan warga yang akan menempati Rusun tersebut, dengan kondisi rusun yang banyak retak timbul ketakutan kalau suatu saat rusun tersebut akan roboh.

Selain dinding rusun yang retak, kondisi Pagar Rusun juga kini terancam roboh. Pantauan WO dilapangan tiang penyangga untuk dinding pagar diduga dikerjakan asal asalan sehingga pagar tersebut kini terlihat miring. Demikian juga halnya dengan lapangan olahraga yang diperuntukkan untuk warga yang nantinya menempati rusun tersebut kini kondisinya jauh dari kata layak, lapangan tersebut kini menampung air saat musim penghujan hal ini disebabkan adukan atau coran untuk lantai lapangan olahraga tidak rata, belum lagi sebagian besar lapangan sudah retak, hal ini dapat berakibat fatal bagi warga yang ingin memakai lapangan tersebut.

Saat hal ini dikonfirmasi, Eko Suroso Sekdis Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta tidak bersedia untuk memberikan tanggapan, tapi menyarankan WO agar menanyakan langsung masalah tersebut pada bagian pembangunan. Sementara itu Triyanto Kabit yang bertanggun jawab atas pembangunan Rusun hingga kini belum bersedia untuk ditemui, setiap kali dihubungi lewat telepon maupun pesan singkat Triyanto selalu beralasan sedang rapat, demikian juga dengan Kadis Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan, lewat pesan WA Agustino menyarankan WO agar menemui Sekdis.

 

Kondisi ruangan Rusun Lokbin Semper dan lapangan Olahraga yang retak, karena dikerjakan asal asalan oleh rekanan.

Samsul Sekjen LSM Satria Bangsa saat dimintai tanggapanya terkait pembangunan Rusun Lokbin Semper Barat mengatakan, permasalahan Rusun Lokbin Semper Barat tidak lepas dari kepentingan dari Pejabat Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta, kalau pejabat Dinas Perumahan tidak ikut bermain bisa saya pastikan rekanan yaitu PT.Marlanco tidak akan berani bekerja asal asalan. Rekanan jelas tidak mau Rugi, mulai dari proses lelang mereka sudah keluar banyak, ditambah lagi pejabat Dinas Perumahan yang minta jatah mau tidak mau rekanan harus berbuat curang, mereka terpaksa melakukan hal tersebut untuk menutupi permintaan para pejabat tadi ‘ujarnya’. ditambahkanya, hampir semua proyek besar yang ada di DKI Jakarta sarat akan kepentingan, siapa yang bisa memberikan upeti yang lebih besar maka dia akan mendapatkan pekerjaan, jadi proses Korupsi yang terjadi ini sudah mendarah daging di Dinas Perumahan DKI Jakarta, ini bukan hal baru lagi jadi tidak perlu kaget kalau pekerjaan dilapangan dikerjakan asal jadi oleh rekanan. Namun kita juga tidak boleh berhenti berharap, dengan Gubernur yang baru semoga kedepanya ada perubahan dan memberikan sanksi yang tegas kepada PT.Marlanco berupa Balcklist karena ini menyangkut nyawa warga yang akan menempati rusun tersebut, jangan sampai nanti kejadian, uang hilang dikorupsi nyawa juga ikut melayang ‘pungkasnya’. (JS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s